Beranda Dinamika Gerakan

Diawali Strategic Planning

139
BERBAGI

Tanggal 29 – 31 Agustus 2012, HAPSARI melaksanakan perencanaan strategis, untuk implementasi program: Pengelolaan Sumberdaya Lingkungan dan Penguatan Komunitas Perempuan untuk Ketahanan Pangan, bekerjasama dengan ICCO Kerk in Actie. Bertujuan untuk; memahami susbtansi, konsep dan strategi pelaksanaan program dengan seluruh pihak yang akan terlibat dalam program. 

Dilaksanakan tiga hari, di dua tempat: hari pertama, dilaksanakan di objek Wisata Mangrove Kampoeng Nipah, kecamatan Perbaungan. Dimulai jam 10.00 dan berakhir jam 16.00 WIB. Hari kedua dan ketiga di dilaksanakan di Sanggar Belajar HAPSARI di Lubuk Pakam.

Peserta kegiatan ini terdiri dari; pelaksana program (orang yang akan terlibat dalam pelaksanaan program di lapangan) dan perwakilan komunitas di wilayah implementasi program (kecamatan Teluk Mengkudu dan Pantai Cermin). HAPSARI juga mengundang dari kalangan organisasi rakyat mitra HAPSARI di Kabupaten Serdang Bedagai, khususnya yang berada di wilayah pesisir, yaitu SNM (Serikat Nelayan Merdeka) dan SNSU (Serikat Nelayan Sumatera Utara) yang ada di kecamatan Perbaungan dan Teluk Mengkudu.

Program ini, selain baru dimulai, temanya juga baru, yaitu tentang pengelolaan sumberdaya lingkungan, tetapi akan dihubungkan dengan upaya penguatan “ketahanan pangan”. Karena selama ini kita sudah melakukan beberapa kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan sumberdaya lingkungan, terutama untuk wilayah pesisir di kabupaten Serdang Bedagai. SPPN misalnya, sejak tahun 2004 sudah melakukan konservasi pesisir dengan penanaman bakau. Bahkan sudah lebih dari 50.000 pohon yang ditanam. Tapi, belum berhasil menjadikan kegiatan ini menghasilkan peningkatan pendapatan.

Oleh karena itu, mulai tahun 2012, HAPSARI dan SPPN juga dengan serikat-serikat anggota HAPSARI lainnya akan lebih focus pada program untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

HAPSARI sudah menetapkan kebijakan yaitu :

  1. Wilayah pelaksanaan program adalah di kabupaten Serdang Bedagai, dengan wilayah focus kecamatan Teluk Mengkudu dan kecamatan Pantai Cermin.
  2. Untuk pelaksanaan program di lapangan, penerima manfaat langsung program ini adalah Serikat Perempuan Petani dan Nelayan (SPPN) Serdang Bedagai. Dengan target sasaran sebanyak 100 Rumah tangga di kecamatan Teluk Mengkudu dan kecamatan Pantai Cermin.
  3. Sedangkan penanggungjawab pelaksana lapangan adalah Rusmawati, Ketua SPPN.
  4. Program ini telah dimulai bulan Juli 2012 dan akan berakhir bulan Juni 2013.

Tujuan dan Hasil yang Ingin Dicapai ;

Dalam perencanaan yang tertuang di Proposal, tujuan dan hasil yang ditargetkan untuk dicapai adalah :

  1. Meningkatnya pengetahuan dan kesadaran dari komunitas perempuan nelayan miskin di kabupaten Serdang Bedagai dalam mengelola potensi sumberdaya lingkungan sebagai sumber penghasilan untuk meningkatkan pendapatan (ekonomi) rumah tangga.
  2. Berkembangnya unit-unit usaha pengelolaan potensi sumberdaya lingkungan sebagai basis produksi untuk  menopang ketersediaan sumber pangan, gizi, dan meningkatkan pendapatan (ekonomi) rumah tangga nelayan miskin.
  3. Adanya kerjasama antar komunitas perempuan nelayan miskin dengan pemerintah daerah, legislative, perguruan tinggi dan swasta untuk  mendukung upaya membangun ketahanan pangan rumah tangga.
  4. Meningkatnya pendapatan ekonomi (penghasilan) 100 keluarga nelayan miskin peserta program ini sebesar 20 % di akhir program nanti.

Pelaksana Program ;

Untuk pelaksana program, HAPSARI akan menyerahkan pelaksanaannya kepada SPPN dan dikoordinir langsung oleh Rusmawati sebagai ketua. Rusmawati akan bertanggungjawab terhadap pelaksanaan program ini kepada Ketua PH HAPSARI.

Saat ini sudah diambil kebijakan bahwa program ini akan dilaksanakan oleh satu Tim yang terdiri dari  Tim Inti : Rusmawati, Zulfa, Jumasni, Suindrawati dan akan dibantu oleh Tim Pendukung yang direkrut dari SPPN Sergai.***

 

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here