Beranda Dinamika Gerakan

Mendialogkan Harapan

135
BERBAGI
Dialog Program SPI dengan Bupati Kulon Progo.
Dialog Program SPI dengan Bupati Kulon Progo.

FederasiHapsari: Setelah menetapkan salah satu isu strategis HAPSARI tahun 2014 adalah “Memperkuat Ekonomi Perempuan Pelaku Gerakan dan Organisasi”, akhirnya harapan untuk mampu mengatasi permasalahan-permasalahan ekonomi (keuangan) yang dihadapi pengurus, anggota dan organisasi HAPSARI sendiri, pelan-pelan akan dijawab. Diantaranya, melalui salah satu program utama HAPSARI yaitu Penguatan Basis Produksi. Program ini sudah lama diuji coba, mulai tahun 2011 bersama dengan PERGERAKAN Bandung. Apa yang menjadi harapan ini, kemudian didialogkan oleh serikat-serikat anggota HAPSARI, dengan kalangan pemerintah daerah di wilayah kerja mereka masing-masing. Harapannya, akan mendapat dukungan konkrit, sampai berupa program kerjasama.

“Memperkuat ekonomi perempuan untuk mensejahterakan masyarakat melalui Penataan dan Penguatan Basis Produksi” adalah salah satu program utama HAPSARI yang sedang dibangun konsepnya, diuji coba dan mulai dikembangkan di serikat-serikat anggota HAPSARI yang ada saat ini dan akan terus didialogkan dengan mitra strategis HAPSARI. Ini adalah strategi yang dirancang untuk menemukan sinergi antara pengorganisasian perempuan desa di akar rumput (pembangunan organisasi), dengan upaya penguatan ekonomi, baik ekonomi untuk individu anggota, maupun ekonomi untuk kemandirian organisasi. Ujicoba pelaksanaan konsep program ini telah dilakukan di SPI Kulon Progo Yogyakarta sejak tahun 2012.

Program Penguatan Basis Produksi adalah : “Strategi membangun sinergi antara pengorganisasian masyarakat dalam membangun dan memperkuat organisasi, dengan upaya penguatan ekonomi untuk kemandirian individu (perempuan dan keluarganya) dan kemandirian keuangan organisasi (HAPSARI dan serikat-serikatnya).

Lembar tanggapan dari Bupati Kulon Progo, terhadap gagasan program yang dikomunikasikan SPI Kulon Progo.
Lembar tanggapan dari Bupati Kulon Progo, terhadap gagasan program yang dikomunikasikan SPI Kulon Progo.

Tujuannya, untuk :

  1. Mengembangkan program, sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan fisik pengorganisasian anggota melalui unit-unit usaha untuk peningkatan ekonomi anggota (individu perempuan) dan memperkuat organisasi.
  2. Menciptakan kader-kader perempuan desa yang memiliki perspektif pembaharu (inovator) dalam pengembangan basis produksi untuk peningkatan ekonomi di komunitasnya.

Hasil yang Diharapkan :

  1. Terwujudnya proses pengorganisasian masyarakat yang sinergi dengan program pemberdayaan (advokasi) dan penguatan ekonomi perempuan basis.
  2. Berkembangnya unit-unit usaha di tingkat komunitas perempuan basis, untuk mendukung kemandirian ekonomi kader-kader perempuan di organisasi HAPSARI.
  3. Terbangunnya kerjasama strategis antara HAPSARI dan serikat-serikat perempuan anggotanya, dengan kalangan pemerintahan melalui dinas/instansi/SKDP terkait untuk kegiatan-kegiatan program penguatan ekonomi masyarakat, khususnya perempuan.

Target Sasaran dan Dukungan yang Diharapkan :

Diperolehnya komitmen nyata dari pemerintah daerah; kepala daerah, wakil kepala daerah, dinas/isntansi/SKPD terkait, yang mendukung program penguatan ekonomi perempuan, melalui:

  1. Pernyataan dukungan secara resmi/formal dan tertulis.
  2. Kebijakan formal (tertulis) dalam bentuk surat keputusan, akad kerjasama, dan sebagainya.
  3. Dilakukannya uji coba (pilot project) program penguatan ekonomi perempuan, bekerjasama antara HAPSARI dan serikat anggotanya dengan pemerintah daerah (dinas/instansi/SKPD) terkait.***

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here