Beranda Dinamika Gerakan

Sulitnya Pemerintah dan Dewan

143
BERBAGI

Pertemuan Akbar Perempuan Basis

FederasiHapsari: Serikat Perempuan Independen Deli Serdang (SPI Deli Serdang), salah satu serikat perempuan anggota HAPSARI, mengadakan Pertemuan Akbar Perempuan Desa. Temanya dipilih khusus tentang “Membangun Relasi dan Interaksi Yang Harmonis Antara Rakyat, Pemerintah dan Dewan Perwakilan”. Tema ini menjadi penting bagi kalangan perempuan basis anggota SPI Deli Serdang, karena selama ini, untuk membangun berinteraksi antara mereka (perempuan basis) dengan kalangan pemerintahan dan dewan perwakilan merupakan hal yang cukup sulit.

Menurut Sri Rahayu, ketua SPI Deli Serdang pengalaman mereka sebagai  perempuan basis untuk bisa bertemu dan berdialog dengan kalangan pemerintahan tingkat kabupaten, apalagi dewan perwakilan (DPRD) merupakan sesuatu yang amat sulit. “Entahlah, susah kali kami untuk bertemu dan mengundang mereka datang dalam pertemuan-pertemuan atau pendidikan yang kami lakukan. Apalagi pertemuannya di desa-desa, pesertanya adalah perempuan basis, ibu-ibu dari desa, ibu rumah tangga biasa…” jelasnya.

Itu sebabnya dalam Pertemuan Akbar Perempuan Desa yang dihadiri oleh hampir seluruh anggota SPI Deli Serdang  dari 7 kecamatan itu sengaja dibahas topik tentang bagaimana membangun relasi dan interaksi antara rakyat (perempuan basis) dengan pemerintah dan dewan perwakilan. Pertemuan itu berhasil menghadirkan beberapa Narasumber dari Ketua PKK Deli Serdang,  Anggota DPRD Kabupaten Deli Serdang Komisi C, Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan KB Kabupaten Deli Serdang, serta Ir.H.Soekirman  yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Serdang Bedagai.

Semua narasumber (kecuali Ibu PKK) menyatakan pada prinsipnya mereka tidak keberatan membangun interaksi dengan masyarakat, termasuk dengan kalangan ibu-ibu perempuan desa seperti yang tergabung dalam SPI. Wah, syukurlah…mari kita mulai.***

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here