Beranda Dinamika Gerakan

Rakernas HAPSARI 2010

148
BERBAGI

“Menuju Federasi Nasional”

Rakernas HAPSARI 2010 di Yogyakarta

Rapat Tahunan HAPSARI Maret 2010 telah memutuskan beberapa kesepakatan, antara lain ; agenda HAPSARI untuk menjadi federasi serikat perempuan tingkat nasional. Agenda ini diikuti dengan beberapa rencana kerja perluasan wilayah untuk pembangunan serikat perempuan yang baru yang akan menjadi anggota dan pendiri federasi nasional tersebut. Juga pembangunan struktur (strukturisasi) organisasi serikat yang telah ada, dengan pembentukan pengurus-pengurus tingkat kecamatan.

Kini setelah berjalan selama Sembilan (9) bulan paska Pendidikan Kepemimpinan dan Rapat Tahunan Anggota, telah terbentuk dua (2) serikat perempuan yang baru, yaitu : Serikat Perempuan Independen (SPI) Kulonprogo dan Serikat Perempuan Independen (SPI) Pekalongan. Keduanya telah mendaftar menjadi anggota HAPSARI dan dicatat sebagai Calon Anggota serta diminta untuk memenuhi persyaratan administrative formal sebelum diterima dan disahkan keanggotaannya ; ber-akte notaries dan terdaftar di kantor Badan Kesbang Linmas setempat.

Sementara itu, dari berjaringan dengan berbagai kalangan organisasi mitra, HAPSARI juga terus mensosialisasikan agenda pembangunan federasi serikat perempuan nasional yang kemudian mendapat sambutan baik, diantaranya dari Jambi, Kalimantan Timur dan Sulawesi Barat.

Suasana Dingin Selama Rakernas Berlangsung

Berangkat dari latar belakang tersebut, dilaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) HAPSARI dengan thema ; “Menuju Kepemimpinan dan Organisasi Gerakan Perempuan Nasional”.

Tujuan yang ingin dicapai ;

  1. Menyamakan pandangan (paradigma) akan substansi kepemimpinan dan organisasi gerakan perempuan nasional yang berbasis kepemimpinan serta organisasi perempuan basis tingkat local.
  2. Merumuskan strategi kerja organisasi dan kepemimpinan gerakan perempuan nasional ; mekanisme, koordinasi, kaderisasi, kepemimpinan, pembiayaan, dll.

Peserta Rakernas ;

Rakernas HAPSARI ini diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari ketua-ketua serikat anggota HAPSARI dari Sumut, Poso, Bantul Kulonprogo, Pekalongan dan organisasi mitra dari Jambi, Kalimantan Timur dan Sulawesi Barat.

Hasil-hasil Rakernas :

Terbentuknya Panitia Kerja Nasional (Panjanas) yang akan bekerja untuk mempersiapkan substansi dan tekhnis pelaksanaan Kongres HAPSARI yang sekaligus akan menjadi Kongres Nasional, untuk mengambil dan mengesahkan keputusan, HAPSARI menjadi organisasi federasi serikat perempuan basis tingkat nasional.

Peserta Rakernas Photo Bersama

Selamat bekerja untuk Panjanas yang terpilih…..***(lz)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here