Beranda Dinamika Gerakan

Menata Ekonomi, Memperkuat Gerakan Perempuan

139
BERBAGI

mencari ide baruFederasiHapsari: Penataan dan Penguatan Basis Produksi adalah salah satu program utama HAPSARI yang sedang  dibangun konsepnya, diuji coba dan mulai dikembangkan di Yogyakarta, di salah satu serikat anggota yaitu Serikat Perempuan Independen (SPI) Kulon Progo.

Ini adalah strategi yang dirancang untuk menemukan sinergi antara pengorganisasian basis untuk penguatan organisasi gerakan, dengan upaya penguatan ekonomi untuk kemandirian organisasi dan individu anggota organisasi. Ujicoba pelaksanaan konsep program ini telah dilakukan di SPI Kulon Progo sejak tahun 2012. Dan melalui Rapat Dewan Pengurus Nasional, program ini ditetapkan sebagai program utama di HAPSARI dengan judul Penguatan Basis Produksi yang sekarang sedang disosialisasikan ke seluruh serikat anggota HAPSARI.

Program Penguatan Basis Produksi adalah : “Strategi membangun sinergi antara pengorganisasian basis untuk penguatan organisasi gerakan, dengan upaya penguatan ekonomi untuk kemandirian organisasi dan individu (anggota) organisasi. Tanggapan Peserta

 Tujuan :

  1. Mengembangkan struktur, sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan fisik pengorganisasian anggota melalui kegiatan peningkatan ekonomi dan penguatan organisasi.
  2. Menciptakan kader-kader komunitas yang memiliki perspektif pembaharu (inovator) dalam pengembangan basis produksi di tingkat lokal.

 Hasil yang Diharapkan :

  1. Terwujudnya proses pengorganisasian yang kuat dengan sistim yang menyatu (terintegrasi) dengan program pemberdayaan (advokasi) dan penguatan ekonomi.
  2. Makin berkembangnya unit-unit usaha di komunitas, untuk mendorong kemandirian ekonomi kader-kader pelaku gerakan di organisasi.
  3. Mengatasi keterbatasan kemampuan pengelolaan produksi dan distribusi di komunitas (pengetahuan, tekhnologi, permodalan, pasar).

 Target (sasaran) :pameran-1

  1. Mengembangkan asset sumberdaya alternatif untuk penguatan organisasi dan penguatan ekonomi anggota.
  2. Meningkatkan produktivitas ekonomi dan mendorong tumbuhnya spesifikasi usaha komunitas dan organisasi.
  3. Menciptakan produk untuk pengorganisasian, advokasi dan penguatan organisasi.

 Kegiatan yang sudah dan sedang dilakukan : (sepanjang tahun 2012 – 2013) :

  1. Mengembangkan konsep dan strategi basis produksi sebagai struktur dan infrastruktur pengorganisasian komunitas (anggota) HAPSARI melalui KOPERAS.
  2. Pelaksanaan dan sosialisasi ujicoba konsep basis produksi melalui; (a) pengembangan unit-unit usaha pengolahan kopi dan teh di Dusun Keceme, Samigaluh Yogyakarta, (b) penataan manajemen produksi dan pemasaran melalui pembentukan Koperasi Serba Usaha di SPI Kulon Progo,(c) pengembangan jaringan informasi usaha dan pasar melalui pendirian Fair Trading House di Serikat Perempuan Bantul,(d) mendistribusikan produk ke organaisasi jaringan HAPSARI tingkat lokal dan nasional.
  3. Dukungan kebijakan organisasi melalui Rapat Dewan Pengurus Nasional HAPSARI dan keputusan dijadikannya Basis Produksi sebagai Program Utama di organisasi.
  4. Pengembangan jaringan kerja untuk mobilisasi dukungan program dan anggaran dengan ACE/PKM – PNPM Peduli.

Kegiatan yang akan dilakukan tahun 2013 – 2014 : pameran-2

  1.  Evaluasi program yang sudah berjalan (sosialisasi dan ujicoba konsep), untuk penyempurnaan (pedoman pelaksanaan sistem); pengorgansasian, pemberdayaan (advokasi) dan penguatan ekonomi.
  2. Peningkatan akses terhadap sumber-sumber pembiayaan.
  3. Pendirian Koperasi.
  4. Dukungan penguatan basis produksi melalui ; (a) Peningkatan kemampuan lembaga layanan; pelatihan keterampilan, penerapan tekhnologi, diversifikasi dan desain produk dan perijinan untuk mendukung sertifikasi produk. (b) Pembentukan jaringan penyediaan bahan baku produksi unit usaha pertanian (kopi dan teh). (c) Pengembangan kemitraan dan kemandirian komunitas. (e) Pengembangan pusat distribusi produk tingkat daerah dan nasional.

Inilah hasil kerjasama program penguatan ekonomi, untuk penguatan gerakan perempuan basis yang dilaksanaan dengan dukungan pendanaan dari ACE – PNPM Peduli, sepanjang tahun 2012 sampai Juni 2013.***

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here