Beranda Dinamika Gerakan

Bersama Perguruan Tinggi Indonesia

156
BERBAGI

(30/11/14) FederasiHapsari: Pada Nopember 2014, dua kegiatan digelar HAPSARI di dua tempat, Yogyakarta dan Medan. Kali ini, HAPSARI berhasil mendapatkan dukungan konkrit dari Universitas Gajahmada (UGM) melalui Pusat Studi Perdesaan dan Kawasan (PSPK) dan Pusat Studi Wanita (PSW) serta Universitas Sumatera Utara melalui Pusat Penelitian HAM dan Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nomensen. Tiga perguruan tinggi dengan empat lembaga penelitian ini mendukung pelaksanaan kegiatan Seminar Publik Hasil Penelitian tentang Tantangan dan Peluang Perempuan Dalam Pengembangan Ekonomi Lokal yang dilakukan HAPSARI sepanjang bulan September hingga Oktober 2014 lalu.

Di Yogyakarta, seminar dilaksanakan tanggal 17 Nopember 2014 di Aula PSPK UGM, dihadiri oleh 60 orang partisipan. Dipandu oleh AB.Widhyanto dari PSPK sebagai moderator, dihadiri oleh dua orang peneliti ahli dari PSPK dan PSW yang menjadi menjadi narasumber pembanding, yaitu Mulyono,MA (PSPK) dan Drs. Soeprapto yang juga merupakan Ketua PSW, Dina Mariana,SH peneliti ahli dari LSM IRE, serta Dra.Hermintarti Kepala Dinas Koperasi kabupaten Kulon Progo.

Dalam seminar ini, selain berbagai masukan (kritik dan saran terhadap hasil penelitian), juga mencatat adanya pernyataan komitmen dukungan dari lembaga penelitian, LSM dan Dinas Koperasi untuk bermitra dan mendukung HAPSARI dalam pengembangan program dan advokasi untuk penguatan ekonomi perempuan di masa datang.

Sementara itu, seminar serupa digelar tanggal 19 Nopember 2014 di Medan, bertempat di gedung Peradilan Semu, Pusat Penelitian HAM Universitas Sumatera Utara. Kegiatan yang dihadiri oleh 94 orang partisipan ini, selain mendengarkan presentasi pengalaman melakukan penelitian yang disampaikan oleh Tim Peneliti HAPSARI, juga mendengarkan tanggapan dari 4 orang narasumber, yaitu : Syahrianto,SH (Wakil Bupati Serdang Bedagai), Hj.Marhamah (Badan Perlindungan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana Propinsi Sumatera Utara), Ir.Erika Pardede (Peneliti dari Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nomensen), dan Ir.Syarifah Alwiah (Kepala Dinas Koperasi kabupaten Deli Serdang).
Selain peserta seminar yang berasal dari serikat anggota HAPSARI di kabupaten Serdang Bedagai dan Deli Serdang, turut hadir 4 orang anggota DPR-D dari kabupaten Serdang Bedagai dan Deli Serdang yang memberikan tanggapan dan pernyataan komitmen dukungan kepada HAPSARI untuk program peningkatan ekonomi perempuan akar rumput di masa depan.

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here