Beranda Dinamika Gerakan

Pendidikan Fasilitator untuk Relawan Desa

362
BERBAGI

Noah dari ajws photo bersama peserta
Noah dari ajws photo bersama peserta

Tanggal 25-27 Juni 2009, Serikat Perempuan Independen (SPI) Deli Serdang menyelenggarakan Pendidikan Fasilitator untuk Relawan Desa, bertempat di Desa Denai Kuala Dusun II kecamatan Pantai Labu. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan AJWS sebagai penyumbang dananya, serta HAPSARI sebagai organisasi payung SPI Deli Serdang.

Tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kader-kader muda SPI Deli Serdang yang siap menjadi relawan di desanya masing-masing. Yang dimaksud dengan relawan adalah ; anggota yang mempunyai pengetahuan, komitmen dan bersedia menjalankan tugas-tugas keorganisasian dengan sukarela.

Setelah menjadi Relawan Desa, maka tugas mereka adalah :

  1. Membangun komunikasi dan koordinasi (melakukan loby, melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan keberadaan organisasi SPI, program dan kegiatannya) dengan kalangan pemerintahan, mulai dari tingkat desa, kecamatan sampai ke kabupaten.
  2. Melakukan kegiatan-kegiatan pendidikan melalui penyuluhan dan diskusi-diskusi, baik dengan kelompok anggota SPI maupun dengan komunitas/masyarakat desa, mengenai hal-hal ang berhubungan dengan permasalahan-permasalahan perempuan di desa.

Berdasarkan panduan pendidikan fasilitator yang sudah ada di HAPSARI, maka pendidikan ini antara lain membahas tentang, apa itu fasilitator, apa bedanya dengan guru dan apa saja prinsip menjalankan tugas sebagai fasilitator.

Setelah dibekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang fasilitator, kelak para Relawan desa ini diharapkan mampu melakukan tugasnya sebagai Kader Muda SPI yang akan melakukan komunikasi dan kegiatan-kegiatan pendidikan di desanya. Dan, dari rangkaian yang dilakukan oleh Relawan Desa ini, diharapkan akan ditemukan hasil identifikasi permasalahan perempuan dan anak di desa, yang meliputi :

  1. Masalah kesehatan reproduksi,
  2. Masalah-masalah pendidikan, serta
  3. Masalah-masalah ekonomi.

Pendidikan ini difasilitasi oleh Iwan Ridwan, Sekjen Sekretariat Bersama Organisasi Rakyat Independen (Sekber ORI) Sumut dan Nur Aisyah, Koordinator Kecamatan SPI Serdang Bedagai.

Pada hari ke 3 tgl 27 Juni 2009, Mr. Noah dari AJWS, lembaga mitra HAPSARI yang menyumbang biaya kegiatan ini melakukan kunjungan monitoring. Noah yang didampingi seorang penterjemahdari Aceh sempat melakukan sedikit wawancara dengan peserta, mengikuti acara diskusi kelompok yang sedang berlangsung, dan meminta peserta untuk memperkenalkan diri masing-masing baik menggunakan bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia.***

Pelayanan Kesehatan untuk Perempuan dan Anak

peserta pelayanan kesehatan spi deli serdang
peserta pelayanan kesehatan spi deli serdang

Lalu pada hari terakhir setelah Pendidikan Fasilitator, para peserta bersama ikut menjadi Relawan dalam menyelenggarakan kegiatan Pelayanan Kesehatan untuk Perempuan dan Anak, yang dihadiri oleh 84 orang dewasa (perempuan) dan 65 orang anak.

Dalam Pelayanan Kesehatan ini, SPI Deli Serdang bekerjasama dengan Pusat kesehatan Masyarakat (Puskesmas) kecamatan Pantai Labu, serta pemerintahan desa setempat, yaitu Desa Rantau Panjang dan Desa Bagan serdang.

Dalam ceramahnya, dokter dari Puskesmas itu menyatakan bahwa gizi itu penting sekali untuk kesehatan perempuan, juga untuk pertumbuhan dan kesehatan anak. Jumlahnya harus cukup, jika tidak, maka itu yang disebut dengan kurang gizi, yang dapat berakibat timbulnya penyakit, dan sebagainya.

Selain mendapatkan penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan dari dokter Puskesmas, peserta juga mendapat susu bubuk, susu cair dan telur untuk upaya melakukan “perbaikan gizi” bagi perempuan dan anak yang hampir seluruhnya merupakan anggota SPI Deli Serdang.***

Komentar Via Facebook

9 KOMENTAR

  1. Kini saatnya pemerintah mengubah paradigma pembangunannya. Pembangunan harus mulai dari desa ke kota. Kalo fokus pembangunannya dari desa maka tingkat mobilitas masyarakat bisa dikurangi. jg ada 1001 manfaat positif lainnya.

  2. kami mengundang lembaga HAPSARI untuk berpratisipasi di dalam program sangteladan,ditujukan bagi mereka yang berdedikasikasi dibidang kesehatan untuk berpratisipasi, dalam penyelenggaraan program ini tidak dikenakan biaya sm sekali, untuk info lebih lanjut silahkan lihat website kami http://www.sangteladan.com semoga partisipasi HAPSARI sumut dapat menginspirasikan kepada yang lain,

  3. Pak Taufiq Yb, terimakasih undangannya. Kami akan mempelajarinya, semoga mempunyai kesempatan berpartisipasi dalam program Sang Teladan ini.
    Salam Hangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here