Beranda Profile

Ayu Sri Rahayu

429
BERBAGI

Sri Rahayu, nama yang diberikan oleh ibunya. Lahir di Sungai Putih Deli Serdang, 17 Maret Lahir 1977. Ayu menikah dengan Ridwan, sehingga kemudian ia sering dipanggil Ayu Ridwan. Ayu menyelesaikan pendidikan formal Diploma I jurusan sekretaris, tidak dapat melanjutkan S1  karena ketiadaan biaya dari kedua orang tua. Dulu cita-cita menjadi pegawai negeri, bekerja di Instansi  Pemerintah.

Ayu Sri Rahayu

Saat ini, Ayu adalah ibu rumah tangga dengan tiga orang anak. Anak pensiunan buruh perkebunan ini, awalnya menggantikan kegiatan sang ibu di Serikat Perempuan Independen (SPI) Deli Serdang tahun 1999 yang ketika itu baru mulai diorganisir oleh HAPSARI. Setelah terlibat aktif dalam pengorganisasian perempuan akar rumput yang dilakukan HAPSARI, mengikuti berbagai pendidikan termasuk pendidikan kader perempuan yang diselenggarakan HAPSARI tahun 2000, Ayu semakin aktif dalam berbagai kegiatan di SPI Deli Serdang. Tahun 2012, melalui Kongres,  Ayu terpilih menjadi Ketua SPI Deli Serdang.

Minatnya terhadap isu perempuan berorganisasi sangat kuat, dibuktikannya dengan seriusnya Ayu melakukan penguatan perempuan  untuk mendapatkan keadilan, harkat dan martabat dalam advokasi kekerasan berbasis gender sebagai upaya  pemenuhan tentang hak-hak  perempuan miskin dan rentan miskin  dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten hingga melakukan pendampingan terhadap perempuan yang mengalamai kekerasan dalam rumah tangga dan kekerasan seksual.

Sebagai kader HAPSARI, Ayu telah mengikuti berbagai proses kaderisasi kepemimpinan perempuan basis, pendidikan gender dan feminisme, pendidikan keorganisasian, pelatihan paralegal, pendidikan dasar konselor, pelatihan pendampingan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, pelatihan advokasi kebijakan, pelatihan advokasi anggaran responsif gender, workshop pengelolaan Layanan Berbasis Komunitas, pelatihan SATGAS Perlindungan Perempuan dan Anak, dll.

Ayu juga berpengalaman dalam memfasilitasi diskusi-diskusi kelompok perempuan akar rumput di tingkat desa, lobby dengan kalangan pemerintahan hingga legislatif daerah, serta menjadi mediator bagi perempuan korban kekerasan yang memerlukan informasi  dan bantuan hukum.

Atas komitmennya bekerja keras memimpin SPI Deli Serdang, saat ini Ayu dipercaya HAPSARI untuk menjadi  koordinator program MAMPU yang merupakan kemitraan Australia Indonesia untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan yang dikelolah HAPSARI bersama Forum Pengada Layanan (FPL). Melalui Program Dari Inisiatif Komunitas : Menjadi Tanggungjawab Negara, Ayu menjadi Koordinator Program yang diimplementasikan di Deli Serdang dan Serdang Bedagai.

Prestasi yang sangat membagakan adalah ketika kerja-kerja yang dilakukannya di organisasi mendapat apresiasi dari pemerintahan baik tingkat kecamatan dan Kabupaten khususnya Dinas Pengendalian Penduduk KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui SK Kepengurusan P2TP2A Kabupaten  Deli Serdang.***

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here