Beranda Media Gerakan

HAPSARI_fm di Frequensi 107,7

150
BERBAGI
evaluasi dengar pendapat
evaluasi dengar pendapat

“Suara Perempuan, Suarakan di Sini”

Setelah mengajukan pendaftaran resmi ke Komisi Penyiaran Indonesia Derah (KPID) Sumatera Utara untuk mendapatkan izin siaran Radio HAPSARI_fm, tanggal 24 April 2009 dilaksanakan Evaluasi Dengan Pendapat, antara HAPSARI dengan KPI, Dinas Infokom, DPRD dan Bupati kabupaten Deli Serdang.

Presentasi tentang konsep Radio HAPSARI_fm sebagai Lembaga Penyiaran Radio Komunitas ini disampaikan oleh para pengurus HAPSARI yang terdiri dari Ibu Sutini, Ibu Zulfa Suja, Ibu Riani, Ibu Rusmawati dan dibantu oleh Ibu Siti Khadijah, SS, sebagai orang yang selama ini membantu pengelolaan Radio HAPSARI.

Menurut KPID Sumut, setelah mendengarkan presentasi HAPSARI dan memeriksa berkas-berkas administrasi yang diajukan untuk pengurusan izin siaran ini, seluruhnya sudah memenuhi persyaratan, hanya tinggal menunggu dikeluarkannya surat izin siaran tertulis, dari Menteri Infokom Jakarta.

“Ini sesuatu yang membanggakan kami, karena pada usia organisasi HAPSARI yang ke-19 tahun, akhirnya cita-cita untuk mempunyai Radio Siaran sendiri sudah tercapai,” demikian ucap Bu Riani dengan bahagia.

“Sebelumnya, bertepatan pada tanggal 8 Maret yang merupakan Hari Perempuan Sedunia, kami sudah memperkenalkan keberadaan Radio HAPSARI_fm kepada masyarakat, terutama anggota HAPSARI. Kami melakukan Lounching Radio, sekaligus Seminar Memperingati Hari Perempuan Sedunia dan Lomba Pidato Perempuan,” Sambung Ibu Farida Ariyani Lubis, Ketua SPI Deli Serdang yang turut hadir dalam Evaluasi Dengar Pendapat tersebut.

Radio Komunitas Perempuan HAPSARI_fm ini didirikan oleh HAPSARI dengan rekomendasi dari 250 Orang yang terdiri dari pengurus dan Anggota Serikat Perempuan, serta dari kalangan pendengar radio di wilayah kabupaten Deli Serdang. Mereka semuanya memberikan tanda tangan dan foto copy KTP sebagai bentuk dukungan resmi.

Empat Program Utama

test siaran hapsari_fm
test siaran hapsari_fm

Kini HAPSARI_fm siap mengudara dengan 4 (empat) program utama yang disiarkan secara langsung maupun direkam dan penyiarnya dari serikat-serikat anggota HAPSARI. Ke-empat program siaran ini bisa dimanfaatkan oleh komunitas perempuan, baik anggota HAPSARI mapun pendengar umumnya, yaitu :

  • Ngobrol Pagi ini (NgoPI) ; acara ini menghadirkan ibu-ibu sebagai narasumber dari pengurus kelompok atau anggota serikat-serikat. Topik obrolan dibebaskan sesuai dengan pengalaman ibu-ibu desa sehari-hari sebagai perempuan, istri, dan ibu, serta warga desa. Acara ini juga memberi kesempatan kepada pendengar untuk bertanay atau memberikan komentar. Jadi lebih bersifat interaktif antara narasumber dan pendengar secara langsung berkomunikasi.
  • Perempuan Bicara ; adalah siaran yang memberikan kesempatan kepada pengurus dan anggota serikat  sekaligus sebagai penyiar dan juga penyampai informasi tentang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh serikat perempuannya.
  • Berani Bicara Beda (BERANDA) ; acara ini khusus membicarakan isu-isu sehari-hari tentang perempuan yang didiskusikan oleh beberapa ibu-ibu pengurus serikat dan dikomentari oleh seorang narasumber dari dinas atau instansi kabupaten.
  • Siaran Hiburan ; yang merupakan relay (meneruskan) dari siaran Radio TSM Lubuk Pakam.

Dengan semboyan : “Suara Perempuan, Suarakan Di Sini” akhirnya kaum perempuan desa sudah punya media untuk “bersuara” dan didengar oleh masyarakat luas.***

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here