Beranda O R G A N I S A S I Tentang Kami Kongres Ke-tiga

Kongres Ke-tiga

“Perempuan Berorganisasi, Berjuang Memimpin Perubahan”

Dewan Perwakilan Anggota (DPA) HAPSARI 2009-2011

Kongres III HAPSARI dilaksanakan tanggal 22-24 Desember 2008, di Lubuk Pakam. Pada Kongres III ini, semangat untuk menjadi HAPSARI Indonesia semakin menguat. Ini nampak dengan diterima dan ditetapkannya satu serikat sebagai anggota baru, yaitu Serikat Perempuan Tana Poso (Sepenatap). Hadir juga utusan dari tiga calon anggota baru, HAPSARI yaitu : Kelompok Perempuan Pemalang (Jawa Tengah), Kelompok Perempuan Tanah Karo dan Kelompok Perempuan Padang Sidempuan (Sumut).

Peserta yang hadir dalam Kongres III ini sangat banyak dibanding dua Kongres sebelumnya, yaitu  119 orang peserta yang mempunyai hak bicara dan hak suara. Belum lagi peninjau yang jumlahnya hamper 30-an orang. Jumlah ini cukup banyak, karena peserta Kongres terdiri dari : 1) seluruh pengurus serikat tingkat kabupaten, 2) seluruh ketua-ketua kelompok anggota serikat, 3) seluruh DPA dan PH HAPSARI, serta adanya tambahan kuota (jumlah minimal yang ditetapkan) bagi setiap serikat yang jumlah individu anggotanya 100 orang, berhak mendapat tambahan peserta Kongres sebanyak 1 orang. Makanya setiap serikat sangat bersemangat menghadiri Kongres, karena pesertanya kali ini sangat ramai.

Ada perkembangan kemajuan dari kader-kader perempuan HAPSARI yang cukup membanggakan terlihat dalam proses Kongres III HAPSARI kali ini. Para pengurus yang  terpilih menjadi pimpinan sidang, sudah sangat lancar sekali dalam memimpin sidang-sidang. Ada banyak sekali interupsi (protes) dari peserta setiap kali rapat-rapat pleno dilakukan. Bagusnya, interupsi dan tanggapannya disampaikan dengan gembira, sambil ketawa-ketawa, tapi tetap serius.

Kongres kali ini begitu serius dalam hal memilih kepengurusan. Seleksinya cukup ketat, persaingannya tampak sekali, bahkan ada yang sudah berani mencalonkan diri sendiri. Bagi organisasi perempuan seperti HAPSARI yang semua anggotanya adalah kalangan perempuan desa biasa, ini sungguh sebuah keberanian yang luar bias dan gambaran sebuah kemajuan dari kader-kader yang ada.

Akhirnya Kongres III HAPSARI berhasil menetapkan Kepengurusan baru Periode 2008-2011, yang terdiri dari : Rusmawati,  Zulfa Suja dan Jumasni (SPPN), Sanikem dan Farida Ariyani Lubis (SPI Deli Serdang), Ariani Dimas dan Asriyanti (SPI Serdang Bedagai), Sutini (SPI Labuhanbatu) dan Rahmawati Hari (Sepenatap Poso). Dan, terpilih Sutini sebagai Ketua DPA.

Tapi dalam struktur kepengurusan HAPSARI kali ini menempatkan Pelaksana Harian (PH) yang merupakan salah satu unsur dari DPA, bukan dari luar DPA seperti struktur sebelumnya. Dan, PH HAPSARI yang terpilih adalah Zulfa Suja. Zulfa diminta untuk meneruskan kerja-kerjanya sebagai PH untuk satu periode lagi.

Pelantikan Pengurus Baru hasil Kongres dilaksanakan tanggal 24 Desember 2008 dengan serangkaian kegiatan, seminar, yang dihadiri oleh Ibu Ir.Nurlisa Ginting, Kepala Biro Pemberdayaan Perempuan propinsi Sumut, Paduan Suara, dan Ceramah dari Dai kecil, anak salah seorang pengurus SPI Labuhanbatu.

Sebelum pelantikan, seluruh peserta seminar yang hamper berjumlah 200-an orang melakukan Longrach ke Kantor Bupati Deli Serdang untuk menyampaikan Pemberitahuan Hasil-hasil Kongres dan Pernyataan Sikap, yang menuntut Pemkab agar mengalokasikan anggaran untuk program-program Pemberdayaan Perempuan dan Anak.***