Beranda O R G A N I S A S I Tentang Kami

Tentang Kami

HAPSARI (Himpunan Serikat Perempuan Indonesia) adalah organisasi perempuan akar rumput, berbentuk federasi dengan keanggotaan yang terdiri dari komunitas-komunitas perempuan akar rumput di desa-desa dari beberapa kabupaten di Sumatera Utara, Jogyakarta dan Jawa Tengah.

Didirikan 14 Maret 1990 di Desa Sukasari Kecamatan Perbaungan Sumatera Utara yang pada awal berdirinya dimulai dengan mendirikan Sanggar Belajar Anak bernama “Harapan Desa Sukasari”. Dari sinilah muncul akronim “HAPSARI” yang kemudian digunakan sebagai nama lembaga hingga saat ini.

Tahun 1997 HAPSARI berbadan hukum dalam bentuk yayasan. Sejak itu, mulai memperluas wilayah kerja pengorganisasian komunitas-komunitas perempuan. Tahun 1999, seluruh kelompok-kelompok perempuan yang diorganisir didorong dan difasilitasi untuk membangun organisasi sendiri bernama Serikat Perempuan Independen (SPI) Sumatera Utara.

Tahun 2001, Yayasan HAPSARI dan SPI Sumatera Utara melebur dalam satu organisasi dengan bentuk baru menjadi federasi dengan nama HAPSARI-Federasi Serikat Perempuan Merdeka (HAPSARI-FSPM) dan berbadan hukum perkumpulan.

Tahun 2004 nama Federasi Serikat Perempuan Merdeka (FSPM) dirubah (lagi) menjadi Himpunan Serikat Perempuan Indonesia dan tetap disebut HAPSARI hingga saat ini.***