Beranda K O N G R E S Kongres Ke-empat

Kongres Ke-empat

Kongres Ke-empat

Kongres Nasional HAPSARI

spi kulonprogo

Kongres Ke-empat HAPSARI dilaksanakan tanggal 02 – 05 Desember 2011 di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di Dusun Keceme, Gerbosari, kecamatan Samigaluh. Dan kemudian dilanjutkan dengan acara Konferensi Nasional di Bandung Jawa Barat.

Ini dicatat sebagai Kongres Nasional, karena kuatnya semangat HAPSARI untuk membangun organisasi perempuan akar rumput secara nasional. Maksudnya, HAPSARI bercita-cita memiliki serikat-serikat perempuan dari berbagai wilayah provinsi dan kabupaten di Indonesia. Semangat ini tumbuh dan berkembang seiring keberadaan HAPSARI di Konfederasi Pergerakan Rakyat Indonesia (KPRI) Bandung yang merupakan pendiri, pengurus dan anggotanya.

Kongres ke-empat ini menetapkan:

(1) Pengesahan tiga anggota baru HAPSARI, yaitu; Serikat Perempuan Independen (SPI) Kulonprogo (DIY), Serikat Perempuan Independen (SPI) Pekalongan (Jawa Tengah) dan Serikat Perempuan Dayak (SPD) Kalimantan Timur.

(2) Mengesahkan Anggaran Dasar HAPSARI 2011 – 2016, yang antara lain berisi;

  • Perubahan bentuk organisasi HAPSARI menjadi federasi serikat perempuan independen tingkat nasional
  • Struktur organisasi bernama ; Dewan Pengurus Nasional adalah utusan perwakilan serikat, yaitu Pimpinan Serikat anggota HAPSARI (1) orang dari setiap serikat dan utusan perwakilan wilayah (propinsi) satu orang utusan untuk wilayah yang telah memiliki sedikitnya dua serikat anggota.

(3) Menetapkan 7 Program Strategis HAPSARI yang terdiri dari :

(1) Kampanye Nasional untuk isu-isu Lokal; (2) Memperluas Jumlah Serikat Perempuan Idependen, (3) Memperkuat kemandirian ekonomi HAPSARI dan Komunitas Perempuan Basis; (3) Membangun system Kaderisasi dan Kepemimpinan Perempuan Basis/ (4) Merancang Strategi dan Menyelenggarakan Pendidikan Politik Persepektif Perempuan; (5) Mendorong Perempuan Basis untuk duduk di Posisi Politik Formal, dan (6) Mensosialisasikan Hak Azasi Perempuan sebagai bagian dari Hak Azasi Manusia (HAM) dan anti kekerasan berbasis gender.

(4) Penetapan Dewan Pengurus Nasional HAPSARI Periode 2011-2016, yang diberi kewenangan membagi peran dan fungsi sebagai legislative, yudikatif dan eksekuti, yaitu :

Ketua Umum : Lely Zailani (SPI Deli Serdang)

Sekretaris    : Setyaningsih Darmastuti (SPI Pekalongan)

Bendahara : Mirah (Serikat Perempuan Bantul)

Anggota       :

  1. Sumberini (SPI Kulonprogo)
  2. Ari Purjantati (SPI Kulonprogo)
  3. Shopia Buring (Serikat Perempuan Dayak)
  4. Rusmawati (SPPN Serdang Bedagai)
  5. Betseba Br.Barus (SPI Tanah Karo Simalem)
  6. Lusiana Kavung (Serikat Perempuan Dayak)
  7. Riani (SPI Serdang Bedagai)
  8. Istuti Laili Lubis (SPI Serdang Bedagai)
  9. Zulfa Suja (SPI Serdang Bedagai)
  10. Asriyanti (SPI Serdang Bedagai)

Rapat Pertama DPN HAPSARI memutuskan bahwa Sekretariat Nasional HAPSARI sementara masih berada di Sumatera Utara (Jl.Tamrin No.53-A Lubuk Pakam, Deli Serdang) karena seluruh Dewan Eksekutive berada di sana.

Konferensi Nasional di Bandung

  1. Mengkonferensikan (melalui konferensi pers) hasil-hasil pelaksanaan Kongres Nasional HAPSARI yang diliput oleh sedikitnya lima media massa local (Bandung), 1 media massa nasional dan beberapa liputan di internet.
  2. Mengutus empat orang Pimpinan Nasional HAPSARI dalam Kongres PERGERAKAN Bandung (Lely Zailani, Zulfa Suja, Istuti Laili Lubis, dan Rusmawati[1]) sebagai peserta Kongres III PERGERAKAN yang menetapkan perubahan organisasi PERGERAKAN menjadi Konfederasi bernama Konfederasi Pergerakan Rakyat Indonesia.
  3. Tiga dari empat utusan HAPSARI (Lely Zailani, Istuti Laili Lubis dan Rusmawati) berhasil masuk dalam struktur kepengurusan Pergerakan sebagai Dewan Presidium Nasional (DPN) dan Lely Zailani terpilih sebagai Ketua DPN Periode 2011 – 2014.***

[1] Rusmawati menjadi peserta Kongres melalui jalur Federasi Serikat Nelayan Nusantara (FSNN) dimana Serikat yang dipimpinnya (SPPN) menjadi anggota FSNN.