Beranda A N G G O T A SPI Deli Serdang

SPI Deli Serdang

logo SPIDSFederasiHapsari: Serikat Perempuan Independen (SPI) Deli Serdang adalah salah satu serikat anggota HAPSARI yang berada di kabupaten Deli Serdang. Ini adalah hasil kerja pengorganisasian perempuan basis yang dilakukan HAPSARI sejak ahun 1999. Tahun 2001, ketika HAPSARI menjadi federasi, setiap anggota federasi yang berada di kabupaten berdiri secara otonom menjadi serikat-serikat, termasuk SPI Deli Serdang.

SPI Deli Serdang berdiri anggal anggal 02 Februari 2002 melalui Kongres ke-tiga di Lubuk Pakam (yang merupakan lanjutan dari kongres-kongres SPI Sumut sebelumnya). Melalui kongres ini dieapkan keberadaan SPI Deli Serdang dengan wilayah kerja dan keanggotaan yang masih mencakup juga wilayah-wilayah (desa dan kecamatan) di kabupaten Serdang Bedagai kala itu.

Tanggal 12 Juni 2008 SPI Deli Serdang dinoariskan, dengan Akte Nomor 3 Notaris H.Amirsyah,SH.SpN di Lubuk Pakam dan telah didafarkan di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) Kabupaten Deli Serdang. Setelah terjadi pemekaran kabupaten Deli Serdang menjadi dua kabupaten dengan Serdang Bedagai sebagai kabupaten baru, wilayah dan keanggotaan serikat inipun hanya di wilayah kabupaen Deli Serdang saja. Bulan Maret 2009, SPI Deli Serdang melaksanakan Kongres ke-empat dan menetapkan kepengurusannya dimana Ibu Farida Ariyani Lubis terpilih menjadi Ketuanya.

Tahun 2012, SPI Deli Serdang melaksanakan Kongre ke-limadan menetapkan Sri Rahayu sebagai Ketua. Kepengurusan SPI di tingkat kabupaten disebut Dewan Pengurus Harian yang dipimpin oleh seorang Ketua dan dipilih melalui Kongres. Di tingkat kecamatan disebut Dewan Pengurus Kecamatan. Saat ini ada lima struktur kepengurusan SPI Deli Serdang tingkat kecamatan, yaitu : kecamatan Patumbak, Beringin, Lubuk Pakam, Pagar Marbau, dan kecamatan Pantai Labu. Anggota SPI adalah individu (perempuan) yang bergabung dalam kelompok-kelompok di Desa dan disebut SPI Desa. Saat ini, jumlah anggota SPI Deli Serdang sebanyak 180 orang yang menyebar di  5 kecamatan tersebut.Kongres V SPI Deli Serdang

Program Utama SPI Deli Serdang saat ini adalah : Advokasi Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.  Program ini dijabarkan melalui beberapa kegiatan, yaitu :

  1. Pengorganisasian Komunitas Perempuan Akar Rumput
  2. Pendidikan Kepemimpinan
  3. Pendampingan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan
  4. Pengembangan Kerjasama dengan Pemerintah

SPI Deli Serdang mempunyai model pendekaan yang kreatif dalam menjalankan program-programnya, yaitu melalui teater. Teater Perempuan SPI sudah sering melakukan pementasan dengan tema pementasan yang mereka angkat dari pengalaman kehidupan kaum perempuan yang ikut serta dalam pementasan teater tersebut. Sudah puluhan kali mereka mementaskan teater dan telah dibuat juga sebuah CD Teater yang berjudul : Suara Perempuan. Hampir semua acara-acara penting HAPSARI, Teater Perempuan selalu mentas. Dan sejak awal tahun 2009, Radio Komunitas Perempuan HAPSARI_fm, dikelola oleh SPI Deli Serdang.***

 
Alamat Sekretariat SPI Deli Serdang :
Jl. Tamrin No.53-A Kelurahan Syahmad
Kecamatan Lubuk Pakam – 20515
Telpon : 0823 6649 4252
Email : spi_deli@yahoo.co.id